Archive for the ‘another thing about "me"’ Category

h1

format flash disk in REDHAT

February 15, 2012

Do you use Linux as your OS? But your flash disk has no disk space? Don’t worry, this is the step of formatting flash disk in Linux, especially REDHAT :

  • unmount your flash disk
  • open new terminal
  • make sure you’re on root
  • run fdisk -l to make sure, which device your flashdisk is (device might be something like /dev/hda or /dev/sda

output will be something like this :
Disk /dev/hdb: 64 heads, 63 sectors, 621 cylinders
Units = cylinders of 4032 * 512 bytes
Device Boot Start End Blocks Id System
/dev/hda1 * 1 184 370912+ 83 Linux
/dev/hda2 185 368 370944 83 Linux
/dev/sda1 369 552 370944 83 Linux
/dev/sda2 553 621 139104 82 Linux swap

  • format your flash disk with this command : mkfs.vfat -F32 -n your-flash-disk-name device

mkfs.vfat -F32 -n MYNAME /dev/sda1

Now you can reuse your flash disk 😉

Advertisements
h1

create symbolic link in REDHAT

February 15, 2012

The simple way to create symbolic link in REDHAT is just enter the following command at the shell prompt :

ln -s [target-file/directory] [symbolic-name_file/directory]

For example, create symbolic link for /mydir as /home/myname, enter the following command :

ln -s /home/myname /mydir

Output :

lrwxrwxrwx 1 myname myname 1 2012-02-15 09:00 mydir -> /home/myname

h1

NaN

June 25, 2010

Sebagai seorang programmer buruh coding, tidak ada salahnya membagi pengalaman(buruk)nya kan?

Singkatnya, ini adalah salah satu pengalaman semasa mengerjakan project yang entah kapan kelarnya. Duh Gustiii…jangan sampai project ini pun memiliki salah satu sifatmu, Al-Baqi (Yang Maha Kekal), artinya project yang nggak akan pernah kelar -_-”

Masih berkutat dengan Gen, Java, Oracle dan tentu saja oc4j, suatu saat terjadilah error yang penampakannya seperti di bawah ini :

Overflow Exception trying to bind NaN

Pertama hanya bisa menerka-nerka saja, mungkin file (dot)JAR nya udah nggak update, mungkin library nya ketuker dan sebagainya.

Setelah mencoba berbagai cara dan menyalahkan semua orang (nggak mau nyalahin diri sendiri karena pada hakikatnya nggak ada manusia yang mau disalahin kan?), akhirnya tetep nggak terselesaikan juga @_@

Entah kenapa, mungkin pada saat itu, antara pikiran hati dan logika sedang tidak sinkron (emang ngoding pake hati juga ya?). Tidak terbersit sedikitpun untuk bertanya pada yang maha tahu versi maya alias si mbah gugel. Melihat keputusasaanku atas error yang terjadi dan keinginan terbesar untuk segera menyelesaikan tugas yang menjadi salah satu sarat agar cuti bisa di-approve, akhirnya Yang MahaTahu beneran membukakan pikiranku

wahai hambaKu bertanyalah pada mbah gugle, niscaya kau akan menemukan jawabannya..

OLEEE….

Selidik punya selidik error yang terjadi diakibatkan ada salah satu value yang hasilnya NaN. Apakah itu NaN? Jika dalam bahasa matematika, NaN diibaratkan sebagai nilai tak terhingga, yang terjadi jika ada pembagian dengan nilai nol (0) sebagai pembaginya.

Begitulah reportase dari saya, semoga bisa membantu temen-temen sesama programmer buruh dalam menjalankan ibadahnya 😉

Salam World Cup!!! *lagi demam world cup*

h1

common function not updated [CA Gen]

February 4, 2010

Sometimes you can’t get the latest changes from your Action Block, or your Diagram Trace can’t trace the table you used, but you’re really sure that you have taken the right (.jar) file in your oc4j applib. What should you do?

First, make sure that the right (.jar) file are got from folder “deploy.j2ee” in your model (.ief). It will appear after you assembly your codes.

Yeah…in folder deploy.j2ee you just find the (.ear) file. Where is the (.jar) file?

Actually, the right (.jar) file is in the (.ear) file that you see in folder “deploy.j2ee”. Sometimes I meet other developers can’t get the latest changes because they usually use the (.jar) file that they got from folder “classes”. I don’t know how it could be, but since I use the (.jar) file from folder “deploy.j2e”, I always get the latest changes from my Action Block. Just extract the (.ear) file, than you can get the (.jar) file that needed in your applib.

– good luck – 😉

h1

mendadak “autis”

January 17, 2010

Yang aku tau autis adalah adalah suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masih balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Semakin penasaran…akhirnya kucari lebih jauh tentang “apa itu autis“, tentunya dengan bantuan si mbah google.

Ternyata ada beberapa ciri-ciri yang menjukkan bahwa seorang anak mengalami gangguan ini.

Interaksi Sosial (minimal 2):
1. Tidak mampu menjalin interaksi sosial non verbal: kontak mata, ekspresi muka, posisi tubuh, gerak-gerik kurang tertuju
2. Kesulitan bermain dengan teman sebaya
3. Tidak ada empati, perilaku berbagi kesenangan/minat
4. Kurang mampu mengadakan hubungan sosial dan emosional 2 arah

Komunikasi Sosial (minimal 1):
1. Tidak/terlambat bicara, tidak berusaha berkomunikasi non verbal
2. Bisa bicara tapi tidak untuk komunikasi/inisiasi, egosentris
3. Bahasa aneh & diulang-ulang/stereotip
4. Cara bermain kurang variatif/imajinatif, kurang imitasi social

Imaginasi, berpikir fleksibel dan bermain imaginatif (minimal 1):
1. Mempertahankan 1 minat atau lebih dengan cara yang sangat khas dan berlebihan, baik intensitas dan fokusnya
2. Terpaku pada suatu kegiatan ritualistik/rutinitas yang tidak berguna
3. Ada gerakan-gerakan aneh yang khas dan berulang-ulang. Seringkali sangat terpukau pada bagian-bagian tertentu dari suatu benda

Setelah mencari tahu tentang “apa itu autis“, aku mencoba berpikir kembali dan mengamati sesuatu yang berubah akhir-akhir ini pada diriku sendiri.

1. Akhir-akhir ini aku jarang sekali melakukan kontak mata dengan seseorang, seringnya malah berkontak dengan laptop yang ada di depan.
2. Ekspresi mukaku selalu datar atau mungkin cenderung tampak serius. Tiap hari disuguhi sederetan coding yang dari jaman nenek gue belum lahir sampe sekarang belum juga kelar (lebay!!!), memaksa otot mukaku untuk tidak bergerak.
3. Setiap orang yang bertemu denganku, selalu menemukan aku dalam posisi tubuh yang begitu-begitu aja, dalam posisi duduk dan menghadap laptop.
4. Kesulitan bermain dengan teman sebaya. Jangankan teman sebaya, teman beda umur pun jarang ada yang kuajak main. Tiap hari maenannya cuma sama laptop doank!
5. Aku sih masih bisa bicara tapi tidak untuk komunikasi karena sekalinya bicara aku hanya bertanya gimana cara nyelesaiin coding ini.
6. Selalu saja mengulang bahasa-bahasa aneh seperti “arrrrrrgggghhhhh….“, “dooooohhhhh….” dan “gimana seeeeehhhhh….“.
7. Terpaku pada suatu kegiatan ritualistik/rutinitas yang tidak berguna. Hampir setiap hari kerjaannya di depan laptop, ketik sana ketik sini, pencet sana pencet sini, klik sana klik sini. Seminggu hampir 7 hari dan sehari lebih dari 12 jam.
8. Selalu melakukan gerakan-gerakan aneh yang khas dan berulang-ulang. Kalo sudah di atas jam 12 siang, selalu saja menaruh salah satu tangan di depan mulut untuk menutup udara yang keluar dari mulut  (read : menguap karena ngantuk), mengangkat kedua tangan ke atas sambil berusaha menarik-narik badan (read : mulet-mulet apa sih bahasa Indonesia-nya?), serta menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan berulang-ulang.

Nah… ciri minimal setiap aspek sudah aku penuhi semua. Kalau begini sudah jelas bukan??? Bahwa aku ini anak “autis“!!!

h1

sekali-kali sereeemmm…

January 13, 2010

Sudah menjadi makanan sehari-hari jika harus pulang paling lambat di antara yang laen. Di saat teman-teman sudah terbaring di ranjang masing-masing, aku masih saja (sok) menyibukkan diri di depan laptop. Mending kalo sibuk-sibuk di kamar, ini di kantor sodara-sodara!!! Walopun mau pulang cepet atau enggak hasilnya sama aja, sama-sama ndak bikin kaya :p

Jarang-jarang seorang tata dibuat takut oleh dunia lain, apalagi dapat panggilan “wanita perkasa” (hmmm…kangen denger itu lagi). Tapi malam ini rasanya ada yang beda. Apa karena habis ngobrol tentang dunia lain (lah???katanya kerja koq malah ngobrol!!!) atau karena harinya yang sedang mistis? Ah…enggak juga…ini masih malam Kamis, bukan kliwon juga rasanya.

Suasana memang mendukung, sepi sunyi senyap, meskipun masih ada orang lain. Sebenernya sampai sebelum hari ini aku nggak pernah takut sama yang begituan. Beneran deh. Suer. Cumaaa…mmm…malam ini rasanya telinga ku sedikit lebih sensitif dibanding sebelum-sebelumnya, padahal sengaja pake headset buat nyamarin suara-suara aneh pake lagu. Tapi….suara itu…





tuh kan…kedengeran lagi…





haduh…tiba-tiba hidung ku ikut-ikutan sensitif juga. Ada bau-bau aneh. Pasti bau itu…Tapi koq???





ooowwwhhh ternyata bunyi kentut ku 😀

*masuk angin akibat kebanyakan begadang*

h1

update common function [CA Gen]

December 13, 2009

These screenshoots have been made since some days ago. Yah…it takes more time for me to write this post. Just want to share something new with you, and may be someone between you, can share same thing with me :D.

Read the rest of this entry ?